Soto Banjar

Beberapa hari yang lalu, aku lagi seliwar seliwer nyari ide apa yang mau dimasak di Masak.TV. Dan aku nyangkut di Soto Banjar!

Aku ga yakin aku pernah makan soto banjar sebelum nya :lol:. Tapi aku pilih dengan melemparkan panah cinta dan jatuh padanya. Jadi mulailah aku tonton video nya dan catat resepnya. Bikin soto nya sih keliatan nya ga ribet. Tapi ya ampun itu bahan pelengkap nya marai pecas ndahe!

Harus nya ini jadi resep kedua setelah scrambled egg, tapi aku keburu bersemangat mau mosting masakan Poor Man’s Stroganoff, Espinacas con Garbanzos & Greek Seasoning. Akhirnya baru sekarang deh aku ngetik nya

Resep bahan pelengkap aku post di tempat nya sendiri, tinggal klik nanti ;). Sekarang kita bikin soto banjar nya dulu. Resep nya aku sesuain dikit sama kondisi ku :P. Tapi kalo pengen lebih jelas, langsung tengok video yang aku jadikan referensi aja 😉

Bahan-bahan:

Pala: 1/4 butir
Kapulaga: 3 buah
Cengkeh: 4 butir
Ayam: 2 potong paha/dada
Kayu manis: 10 cm
Garam: secukupnya
Air: 1 ltr
Susu cair: 250 cc

Bumbu halus:

Bawang putih: 5 siung
Merica: 1 sdt
Bawang merah: 10 butir

Bahan pelengkap:

Lontong
Perkedel kentang: 2
Sambal Soto Banjar
Daun bawang: 2 batang
Telur rebus: 1
Daun seledri: 1 batang
Soun: 100g

Sumpah selesai masak ini rasanya kayak abis nyolong di rumah tetangga terus ketahuan dan aku dikejar sama orang sekampung. Ngos-ngosan meeeeeen. Sambil rebus ayam, sambil manasin rempah, sambil goreng kentang, sambil goreng daging cincang, sambil bikin perkedel, sambil rebus soun, sambil bikin lontong (yang gagal total). Edian! Mungkin lain kali kalo mau nyoba lagi harus pas lagi di pantai biar lebih santai

Rasanya enak-enak aja sih. Tapi aku kurang berasa rempah-rempah nya. Entah apa salah dan dosaku. Mungkin kurang banyak, atau mungkin aku ga pinter manasin nya. Setiap kali nyobain resep Indo itu dapur pasti kayak kapal pecah. Semua panci lah, semua piring lah, semua mangkok lah, semua sendok lah, semua kepake dan bertebaran dimana-dimana. Udah masak nya kayak dikejar dosen, masih harus sambil cuci piring. Malang nian nasib paijo

Tapi dibalik semua jerih payah dan keringat darah itu, terbayarkan!

Smakelijk Eten!

Chef

 

3 comments

Leave a comment